Home Untuk Siswa & Mahasiswa Trampil Belajar MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI

Main Menu

Key Concepts

Anda adalah pengunjung ke

Content View Hits : 860442
MENGHADAPI UJIAN SKRIPSI PDF Print E-mail
Written by Arief Furchan   
Monday, 24 January 2011 05:03



     Banyak mahasiswa yang cemas ketika menghadapi ujian skripsi.  Kebanyakan mereka tidak tahu apa yang harus mereka pelajari sebagai persiapan mengahdapi ujian skripsi.  Karena skripsi itu adalah tulisan mereka sendiri, tentu saja mereka sudah tahu apa isinya.  Tetapi, mengapa banyak mahasiswa yang harus memperbaiki skripsinya sesudah ujian?  Bahkan ada yang tidak lulus?

     Artikel ini ditulis dengan harapan dapat membantu mahasiswa mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian skripsi.  Artikel ini akan menguraikan beberapa pertanyaan yang umumnya diajukan oleh penguji dalam ujian skripsi.  Dengan mengetahui kemungkinan pertanyaan yang akan ditanyakan oleh penguji, mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri lebih baik sebelum ujian.

     Tujuan ujian skripsi adalah untuk memastikan bahwa skripsi Anda sudah memenuhi syarat sebagai laporan penelitian ilmiah.  Jadi fungsi penguji di sini adalah lebih sebagai kritikus daripada menguji kemampuan mahasiswa.  Standar yang dipakai penguji skripsi adalah kriteria mutu laporan ilmiah yang berlaku secara universal.  Kriteria ini terbuka untuk umum dan seharusnya sudah diketahui oleh mahasiswa sejak ia akan memulai penelitian untuk penulisan skripsi mereka.  Jadi, isi artikel ini bukanlah semacam bocoran ujian skripsi.

     Berdasarkan pengalaman sebagai pembimbing dan penguji skripsi, thesis dan disertas, berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang umumnya diajukan oleh penguji skripsi/thesis, atau disertasi:

  • Judul: Apakah judul Anda telah mencerminkan pertanyaan penelitian Anda?
  • Pertanyaan penelitian.  Ini adalah inti penelitian Anda.  Oleh karena itu pertanyaan penelitian ini amatlah penting.
  1. Apakah pertanyaan itu penting bagi pemecahan sebagian persoalan di masyarakat atau pengembangan ilmu pengetahuan?
  2. Apakah pertanyaan tersebut belum terjawab oleh peneliti lain?
  • Latar belakang penelitian: Apakah uraian Anda dalam latar belakang penelitian itu dengan jelas menunjukkan mengapa pertanyaan penelitian Anda itu penting sekali diketahui jawabannya?  Penting di sini bukan hanya penting bagi Anda (yang ingin segera menyelesaikan studi) tapi, terutama, bagi pemecahan masalah di masyarakat dan/atau di bidang ilmu pengetahuan.  Anda harus menunjukkan hal itu.
  • Signifikansi penelitian: Apakah pentingnya menjawab pertanyaan penelitian Anda itu?  (Secara rinci, ini mestinya sudah Anda kemukakan dalam latar belakang penelitian.  Di sini Anda hanya menegaskan kembali secara ringkas.)
  • Kajian pustaka yang relevan/terkait.  Tujuan bagian ini adalah untuk (1) membuktikan bahwa pertanyaan penelitian Anda benar-benar belum terjawab oleh eneliti lain dan/atau (2) memberikan penjelasan tentang teori yang Anda gunakan dalam menjawab pertanyaan penelitian Anda tersebut.  Oleh karena itu, pertanyaan yang biasa diajukan penguji adalah:
  1. Apakah uraian dalam bagian kajian pustaka ini telah membuktikan bahwa pertanyaan penelitian Anda tersebut belum terjawab oleh peneliti-peneliti lain yang juga meneliti topik Anda?  Apakah pengetahuan Anda tentang hasil-hasil penelitian sejenis itu cukup luas?
  2. Apakah penjelasan tentang teori yang Anda gunakan dalam penelitian itu jelas dan relevan dengan penelitian Anda (atau hanya sekedar memperbanyak halaman saja)?
  • Metode penelitian:
  1. Bagaimana cara Anda mengumpulkan informasi (data) untuk menjawab pertanyaan penelitian itu?  Apakah data itu dapat dipercaya (valid dan reliabel)?  Apakah penguji (pembaca) bisa mendapatkan gambaran yang rinci tentang bagaimana Anda melakukannya? 
  2. Bagaimana cara Anda menganalisa informasi (data) yang telah Anda kumpulkan itu?  Apakah analisa Anda itu dapat dipercaya (valid dan reliabel)?  Apakah penguji (pembaca) dapat bisa mendapatkan gambaran yang rinci tentang bagaimana Anda melakukannya?
  3. Apa hasil (kesimpulan) analisa Anda?  Apakah hasil (temuan/kesimpulan) itu konsisten dengan data dan analisa yang telah Anda sajikan?
  • Penyajian dan analisa data
    1. Apakah data yang Anda sajikan relevan dengan pertanyaan penelitian Anda?  Apa data tersebut Anda sajikan sehingga memudahkan pembaca memahaminya?  Apakah data tersebut memudahkan pembaca memahami cara berfikir Anda untuk sampai pada kesimpulan yang Anda ambil?
    2. Apakah analisa Anda relevan dan tepat untuk digunakan pada data Anda?  Apakah penyajian cara Anda menganalisa data tersebut memudahkan pembaca untuk memahami cara berfikir Anda sehingga sampai pada kesimpulan yang Anda tarik?
  • Kesimpulan/penutup
    1. Apakah kesimpulan terakhir Anda merupakan jawaban atas pertanyaan penelitian Anda? 
    1. Apakah saran yang Anda berikan sesudah kesimpulan itu didasarkan atas apa yang telah Anda tulis dalam bab-bab sebelumnya (terutama di bagian analisa atau diskusi)?
  • Diskusi.  Kadang-kadang mahasiswa juga diminta untuk membicarakan implikasi temuan/hasil penelitian itu dalam bagian tersendiri.  Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan membicarakan bagaimana implikasi temuan/hasil penelitian itu bagi pemecahan sebagian masalah di masyarakat atau pengembangan pengetahuan (yang sudah diutarakan dalam latar belakang penelitian).  Oleh karena itu, pertanyaan yang biasanya diajukan penguji adalah ’bagaimana peneliti (mahasiswa) menunjukkan implikasi temuan penelitian itu bagi pemecahan sebagian masalah masyarakat atau pengembangan ilmu pengetahuan itu.’
  • Masalah teknis penulisan.  Penguji juga memperhatikan kejelasan uraian dan hal-hal teknis yang dapat mengganggu kemudahan pembaca memahami isi laporan penelitian (skripsi) Anda.  Hal itu mekiputi penomoran halaman, kesalahan ketik/eja, tanda baca, format laporan (sudah memenuhi ketentuan perguruan tinggi atau belum), tata bahasa, penggunaan istilah (kosakata), dsb.

     Itulah beberapa pertanyaan yang umumnya sering diajukan penguji skripsi guna memastikan bahwa skripsi Anda sudah memenuhi kriteria laporan penelitian ilmiah dan mudah difahami pembaca.  Semua jawaban atas pertanyaan ini harus tertulis secara lugas, jelas, dan rinci dalam skripsi Anda. Jangan hanya dijawab secara lisan dalam ujian.  Ingat, skripsi Anda akan diletakkan di perpustakaan agar dapat dibaca dan difahami orang lain tanpa kehadiran Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat ujian.

Last Updated on Monday, 24 January 2011 05:44
 

Berikan pendapat Anda!

Apakah artikel ini bermanfaat bagi Anda? Beritahu kami.